Selasa, 01 Mei 2012

7 LANGKAH CEPAT SUBURKAN RUMPUT

Selain menambah hijau, rumput juga bisa menutupi kesan kosong dan tak terawat pada taman halaman rumah. Rumput hias macam rumput gajah maupun jepang relatif gampang hidup. Namun, menanamnya tidak bisa sembarangan. Faktor cuaca, pupuk dan drainase perlu diperhitungkan dengan cermat. Berikut langkah-langkah penanaman.

1. MEMILIH RUMPUT
    Pilih rumput yang berwarna hijau segar. Warna hijau yang merata menandakan rumput tumbuh subur. ini akan mempercepat adaptasi ditempat baru. Rumput yg didapatkan dari penjual pinggir jalan biasanya berupa lempengan atau lapisan tanah berbentuk kotak atau bulatan yg ditumbuhi dengan jenis rumput. Segera lakukan penanaman agar rumput tidak layu.

2. PENGOLAHAN TANAH
    Gemburkan tanah agar hara pada lapisan tanah terangkat dan air lebih meresap. Ratakan tanah sesuai dengan kontur tanah yang diinginkan. Kemudian bersihkan tanah dari puing atau batu serta rumput liar yg dpt mengganggu rumput hias nantinya.

3. BERIKAN PUPUK
    Tanah yg subur mempunyai peranan penting dalam mempercepat pertumbuhan rumput. Pupuk yg diberikan dapat berupa pupuk kompos atau pupuk kandang. Untuk luasan 5 x 5 m s/d 10 x10 m dapat diberi pupuk kandang atau kompos sebanyak 25 kg. Pupuk kandang usahakan yg sudah benar-benar matang dan halus, karena dapat mencegah adanya bibit rumput liar pd pupuk. perbandingan pupuk dengan tanah adalah 1 : 1.

4. PENANAMAN
    Cara tanam yg baik bisa dilakukan dengan rapi, tersusun seperti papan catur atau lempengan untuk rumput gajah mini. Bila menginginkan pertumbuhan yang baik maka rumput diberi jarak antara 2-4 cm sehingga pertumbuhan tidak berdesakan dan menyembul tdk rata. Namun penanaman bisa dilakukan secara rapat untuk mencegah adanya pengikisan tanah biasanya pada lereng atau kontur yg miring.

5. PEMBERIAN PASIR
   Untuk menambah daya serap air, dapat diberikan pasir pada sela-sela tanah yg masih terlihat diantara rumput yg ditanam. Pasir yg diberikan usahakan jangan terlalu banyak dan jgn menutupi rumput. Pasir yg baik digunakan adalah pasir putih dari pantai. Jika memang sulit didapat, bisa juga diganti dengan tanah halus.

6. PENYIRAMAN
   Siramlah rumput tanpa menimbulkan genangan air, karena dapat menyebabkan rumput menjadi busuk. Untuk perawatan, penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari.

7. JANGAN INJAK RUMPUT
   Rumput yg baru ditanam usahakan jangan sampai terinjak hingga rumput benar-benar terlihat bisa hidup ditempat yg baru. Menginjak rumput dalam keadaan hujan juga bisa merusak rumput dan tanah.

(Idea Garden 17/11/2008)

9 komentar: